Sunday 17 June 2018

Wisata sambil Jualan di Oosterport Jaarmarkt


Menghabiskan liburan weekend tidak mesti menghabiskan uang. Jaarmarkt (pasar tahunan) yang diselenggarakan di Oosterport-Groningen tidak hanya  menjadi sarana rekreasi  keluarga tapi juga untuk meraup untung.



Bila kita wisata di Belanda jangan lewatkan pasar tahunan di tiap-tiap kota. Kali ini di Oosterport, sebuah wilayah di daerah Groningen, menyelenggarakan jaarmarkt atau pasar tahunan. Diselenggarakan oleh pengurus lingkungan setempat (Oosterportbuurt), sepanjang jalan meeuwerderweg ditutup untuk acara tahunan ini.

Bagi keluarga Belanda, menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi bukanlah hal asing. Barang-barang yang masih bisa dipakai hingga berkatagori  ‘antik’ bisa mudah didapat dari berbagai rumah tangga. Keluarga-keluarga tersebut biasanya menggunakan event-event seperti hari kemerdekaan, pasar natal, maupun pasar tahunan seperti ini. Semangat untuk mengolah dan menggunakan barang-barang bekas sehingga meminimalisir sampah, rupanya ditanam dalam tradisi keluarga. Ada semangat lain yang patut ditiru saya kira, bagaimana anak-anak diajari menghasilkan uang dari usaha mereka sendiri. Maka jangan heran pula bila dalam acara-acara seperti ini, akan banyak ditemui anak-anak yang berjualan mainan, cd, buku dan lain-lainnya.

Kami termasuk yang tertarik menerapkan konsep ini dalam keluarga. Bangun pagi, menyiapkan barang-barang yang akan dijual dan ‘Let’s go’ menuju lokasi. Sampai lokasi, ternyata sudah banyak tenda-tenda yang terpasang. Beberapa bahkan telah menggelar lapaknya. Ternyata kewalahan juga mencari panitia penyelenggara. Sepeda kami penuh dengan muatan, rasanya kesusahan mencari panitia. Belum lagi kami mendapat lokasi untuk menggelar lapak kami. Dalam website disebutkan, kalau ingin berjualan barang bekas, cukup melapor ke panitia dua jam sebelum acara dimulai. Akhirnya setelah ketemu panitia, ibunya anak-anak minta lokasi yang teduh karena kemungkinan akan hujan menurut perkiraan cuaca hari itu. Sedangkan kami bukan penjual professional, nggak punya tenda jualan. Tanpa diduga, sang panitia memberi lokasi yang luar biasa…yaitu di halte bus! Thanks God! Dan dibawah ini ada video “twee minuten” yang bisa dinikmati tentang suasana Jaarmarkt di Oosterport. Tot Ziens! (BRT)


music credit: www.bensound.com

No comments:

Post a Comment

Praktik Baik Vaksinasi yang Inklusif dan Aksesibel bagi Penyandang Disabilitas

oleh  Buyung Ridwan Tanjung Vaksin COVID-19 kini menjadi kebutuhan penting masyarakat. Untuk itu, baik pemerintah dan masyarakat sipil bahu ...