Saturday 28 April 2018

Mengapa Warna Oranye Dominan di Belanda?


Warna oranye begitu dominan di negeri Belanda. Mulai dari jersey timnas sepak bola hingga setiap rumah abila mengibarkan bendera merah-putih-biru, pada bagian atasnya akan dikibarkan pula pita berwarna oranye. Pada Koningsdag - hari ulangtahun raja- bahkan, bendera tri warna tersebut akan berdampingan dengan bendera warna oranye.



Kenapa warga memilih warga oranye, bukannya bendera belanda berwarna merah, putih dan biru? Asal usul warna oranye tidak lain karena raja yang berkuasa di Belanda sejak jaman abad limabelas hingga saat ini merupakan keturunan dari keluarga “Oranje - Nassau”.  Dimulai dari adanya pernikahan antara  pewaris tahta kerajaan Nassau (yaitu Hendrik van Nassau III) dengan perempuan dari kota  Breda. Mereka kemudian menguasai kerajaan Orange di Prancis. Suratan nasib berbicara, anak dari  raja Hendrik ini tidak mempunyai keturunan hingga akhirnya tahta jatuh kepada keponakan laki-lakinya yaitu Willem van Nassau atau lebih banyak dikenal sebagai Willem van Oranje. Dan raja yang bertahta saat ini adalah keturunan Willem van oranje.

Willem van oranje sendiri dianggap sebagai pendiri persatuan provinsi-provinsi di Belanda setelah melakukan pemberontakan terhadap Spanyol yang berkuasa saat itu. Perang melawan  klan  Spanish habsburg tersebut berjalan kurang lebih selama delapan tahun (1568-1648). Pada tahun 1580, dia memproklamasikan kemerdekaannya dari raja Spanyol. Empat tahun kemudian, tepatnya tahun 1584, proklamator kemerdekaan ini dibunuh oleh Balthasar Gerard dengan menembakkan pistolnya sebanyak dua kali di kota Delft. (Tj)


No comments:

Post a Comment

Praktik Baik Vaksinasi yang Inklusif dan Aksesibel bagi Penyandang Disabilitas

oleh  Buyung Ridwan Tanjung Vaksin COVID-19 kini menjadi kebutuhan penting masyarakat. Untuk itu, baik pemerintah dan masyarakat sipil bahu ...