Monday 6 August 2018

Festival Kapal Layar di Harlingen

Diisi sebagain besar oleh air, Belanda memang kemudian menjadi tujuan berlabuh berbagai kapal tiang tinggi sejak dahulu. Balap sekaligus festival kapal layar internasional kali ini mampir ke Harlingen, sebuah kota pelabuhan di Friesland Belanda.


Berbagai kapal layar besar datang dari berbagai penjuru Eropa. Rusia, Inggris, Belgia, Jerman, Portugal dan lain-lain, tentu saja Belanda sendiri. Tidak kurang ada 17 negara ikut dalam ajang ini. Ajang Balapan yang dimulai dari Sunderland (Inggris) akan berhenti di dua perhentian yaitu Esbjerg (Denmark) dan Stavanger (Norwegia) sebelum finish di kota Harlingen (Belanda) sekaligus melakukan festival disana. Festival ini menghadirkan 59 perahu, sebagai pemegang rekor perahu tertua adalah "Loyal" dari Norwegia yang telah berumur 141 tahun. Sedangkan kapal terbesar dipegang dari Rusia yang bernama "Sedov" dengan panjang 123,1 meter.  Mengingat festival ini termasuk langka, jangan kaget bila ribuan orang akan memadati tempat ini.


Untuk melakukan perjalanan ke kota Harlingen dari Groningen menempuh tidak lebih dari dua jam. Dengan kereta stoptrein dari groningen central station berhenti di Stasiun Leeuwarden. Dari stasiun ini kemudian melanjutkan ke stasiun Harlingen Haven. Ada baiknya menggunakan "grup tiket" yang beranggotakan minimal 4 orang sehingga bisa memperoleh diskon limapuluh persen. Dengan diskon ini perorang akan membayar 7,5 euro sekali jalan.  Kereta akan berhenti di Harlingen Haven (pelabuhan) langsung, sehingga tidak perlu menggunakan sarana transport lainnya. Berikut dibawah ini video suasana kota Herlingen, kota kecil dengan pelabuhan besar.


Di dekat pelabuhan, cukup berjalan kaki, kita bisa menjangkau pusat kotanya. Akan banyak toko dan pusat jajanan dengan harga relatif terjangkau. Ada beberapa restaurant yang mempunyai view menghadap langsung pelabuhannya dengan harga yang sama namun porsinya kecil untuk ukuran makan orang Asia. Sedangkan bila anda mau jalan sedikit ke "centrum" kota, dengan harga yang sama anda bisa makan kenyang. (BRT)

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment

Praktik Baik Vaksinasi yang Inklusif dan Aksesibel bagi Penyandang Disabilitas

oleh  Buyung Ridwan Tanjung Vaksin COVID-19 kini menjadi kebutuhan penting masyarakat. Untuk itu, baik pemerintah dan masyarakat sipil bahu ...